Minggu, 14 Oktober 2012

Naik Apa ke Jayapura?

Travel.kompas.com

KOMPAS.com – Mendengar Jayapura, maka banyak orang langsung berpikir jarak yang jauh. Memang, untuk pelancong dari ibu kota negara, Jakarta, Jayapura begitu jauh. Perlu waktu sekitar 8 jam perjalanan udara untuk mencapai Bandara Sentani, pintu masuk kota Jayapura.


Namun, anggapan jauh bisa berubah jika pelancong datang dari belahan timur Indonesia, entah dari Kupang di Nusa Tenggara Timur ataupun Ambon di Provinsi Maluku. Paling sering tentu saja dari Makassar, Sulawesi Selatan.

Bahkan, penumpang dari Jakarta pun biasanya harus transit di Makassar. Beberapa maskapai melakukan transit dua kali jika berangkat dari Jakarta, yaitu di Makassar dan Biak, Papua. Lama di udara untuk rute Jakarta-Jayapura sebenarnya hanya sekitar 5 jam.

Terasa lama karena proses check-in dan waktu transit, serta pesawat yang harus menunggu giliran karena kemampuan bandara yang sudah melebihi kapasitas. Lama perjalanan tentu lebih pendek jika terbang dari Kupang, Ambon, maupun Makassar.

Dari Makassar ke Jayapura sendiri hanya sekitar tiga jam. Saat ini ada enam maskapai nasional yang melayani rute ke Jayapura, yaitu Lion Air, Garuda, Merpati, Express Air, Sriwijaya Air, dan Batavia Air. Total frekuensi ke Jayapura dari Jakarta mencapai 10 kali dalam sehari.


Sumber : http://www.utiket.com